Thursday 13 August 2009

Renovasi Rumah Pejabat Tinggi Negara





















Sesuai TOR yang diberikan bahwasanya bangunan Rumah Pejabat Tinggi Negara ini harus direnovasi mengingat penampilan yang terlihat kuno dan bahan bangunan yang ada sudah tidak terpelihara dengan baik, sehingga banyak Rumah Jabatan ini tidak terpakai (kosong) tidak dihuni oleh yang ber HAK.



FAÇADE

Rumah Asli tampak punya kesan ketinggalan jaman (up to date) yang sudah tidak cocok dengan jamannya. Tetapi sebagai rumah jabatan façade yang terlalu ke kinian pun dihindari mengingat harus tetap punya kesan berwibawa dan tidak akan ketinggalan jaman. Dipilihlah Façade Semi Klasik Modern untuk memenuhi criteria diatas. Sudut atap dibuat lebih curam dari bahan geteng keramik akan sangat menguatkan kesan Klasik Tropis.




Mengingat kegiatan Pejabat tinggi sering dilakukan dirumah, maka ketersediaan ruang tamu & ruang jamuan makan yang besar sangat diutamakan. Disatu sisi letak fungsi ini harus jauh dari daerah service dan mempunyai view ke taman yang baik, dilain pihak ruang ini membutuhkan pelayanan langsung dari ruang service. Sehingga diputuskan ada ruang servive antara dekat ruang makan tamu dengan dapur belakang.




Untuk menambahkan kenyamanan kepada Pejabat yang akan menghuni disediakan tambahan ruang tidur utama dilantai bawah sementara kamar tidur tamu dan ruang kerja Pejabat dimaksud tetap ada. Tentunya tidak sekedar menambah ruang begitu saja, tetapi secara keseluhan tetap harus serasi dan dapat memenuhi standar pencahayaan & ventilasi yang baik. Pengolahan Taman di tumah ini pun menjadi hal yang penting di depan (public), dibelakang (private), samping (semi public)

Zoning kegiatan di lantai bawah menjadi sangat kuat membedakan daerah public, semi public & daerah private serta daerah service.




No comments: